HUBUNGAN ANTARA “SELF ESTEEM DENGAN DERAJAT STRES PADA SISWA AKSELERASI SDN BANJARSARI 1 BANDUNG

Sukma Andarini, Susandari Susandari, Dewi Rosiana

Sari


Kelas akselerasi merupakan bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan bagi siswa dengan kecerdasan dan kemampuan yang luar biasa untuk dapat menyelesaikan pendidikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Salah satunya adalah SDN Banjarsari I Bandung yang telah memberlakukan program akselerasi pertama kali pada tahun 2000. Siswa dituntut untuk selalu mempertahankan prestasi yang terbaik. Sekolah dan orang tua selalu ingingkan mereka untuk berprestasi lebih baik menjadi beban pada beberapa siswa. Apabila mereka tidak bisa memenuhi tuntutan dari sekolah dan orang tua menyebabkan mereka merasa diri mereka gagal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Self esteem dengan Derajat Stres pada Siswa Akselerasi SDN Banjarsari I Bandung. Data yang diperoleh berupa data ordinal dan menggunakan uji korelasi rank Spearman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional. Subyek penelitian ini siswa akselerasi kelas 5 SDN Banjarsari I Bandung berjumlah 32 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan teori Lazarus dengan 15 item yang valid dan realibilitas 0,705 serta Self Esteem Inventory (SEI) dari Coopersmith dengan 40 item yang valid dan realibilitas 0,690. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh rs=-0.471. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self esteem siswa maka semakin rendah derajat stres siswa.


Kata Kunci


Akselerasi, Self Esteem, Derajat Stres

Referensi


Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Coopersmith, Stenley. 1967. The Antecendents of Self Ssteem. San Francisco: Freeman and Company.

Gadzella, Masten. 2005 dalam Fauzia Fitri, Hubungan Antara Stres dengan Perilaku Merokok pada Mahasiswa Laki-Laki Perokok FPTK dan FPOK UPI, 2011 (Skripsi UPI)

Lazarus. Richard S Folkman, Susan. 1984. Stress, Appraisal, and Coping. New York : Springer Publishing Company.

Siegel, Sidney. 1997. Statistik Non Parametrik : Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan ketujuh. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soutern, Jones, dalam Rini Hubungan Antara Stres Akademik dan Strategi Pengelolaannya Terhadap Siswa SMP Program Kelas Akselerasi dan Kelas Reguler, 2010

Tad. 2003 dalam Rini Stres Akademik dan Strategi Pengelolalaanya Terhadap Siswa SMP Program Akselerasi dan Kelas Reguler, 2010

Munandar, Utami. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Abdurachman, Mama. 2005. Kelas Akselerasi Program Utama SDN Banjarsari . Available at: www.detik.com (Diakses 21 Desember 2011)

Indonesia, Gifted. 2008. Karakteristik Anak Berbakat. Available at: www.giftedindonesia.wordpres.com (Diakses 6 Juni 2012)

Novita, Widya. 2010. Pengertian Self Esteem. Available at: www.widyanovota.wordpress.com (Diakses 3 Januari 2012)

Sulipan. 2010. Pedoman Penyelenggaraan Program CI+BI (Program Akselerasi). Available at: www.sulipan.wordpress.con (Diakses pada 25 Mei 2012)

Quаrtеrly, Giftеd Child. 1985. Sеlf-Concеpt, Sеlf-еstееm, аnd Pееr Rеlаtions аmong Giftеd Childrеn Who Fееl Diffеrеnt., vol.29, no.2 Available at: www.gigapedia.com (Diakses pada 3 januari 2012)


Teks Lengkap: Artikel Lengkap (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Bekerja dibawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 License.

free counters Bookmark and Share ISSN 2089-3590 EISSN 2303-2472