Rancangan Intervensi Berbasis “Cognitive-Behavioral Therapy” untuk Menanggulangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba

Umar Yusuf

Sari


Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda yang dilakukan padajenis-jenis tugas akademik, seperti tugas akhir atau skripsi. Terapi KognitifBehavioral (CBT) adalah bentuk psikoterapi yang bertujuan membantu individu mengatasi masalahnya melalui pengenalan, identifikasi dan modifikasi isi kognisi individu yang tidak berfungsi (dysfunctional) yang dapat berupa asumsi, sikap, dan aturan yang irasional dan pikiran otomatis yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologiUnisba yang sedang menyelesaikan skripsi, dan merancang intervensi berbasis pendekatan CBT untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan pengambilan sampel secara purposive. Subyekpenelitian terdiri dari 32 orang mahasiswa fakultas psikologi Unisba yang sedangmengerjakan skripsi. Berdasarkan Tuckman Procrastination Scale diperoleh gambaran bahwa prokrastinasi yang dialami oleh subyek berada pada kategoriringan, sedang, dan berat; hasil terbanyak pada kategori sedang. Hasilwawancara mendalam terhadap 14 orang dari 32 subyek, mengungkapkan bahwa seluruh subyek menampilkan karakteristik prokrastinasi secara umum, yaitu :Menunda mengerjakan tugas skripsi, dan adanya perasaan tidak nyaman selama penundaan dilakukan. Hasil juga mengungkapkan dua jenis core belief yaitu tidak mampu pada 10 orang, dan tidak disayang pada 4 orang. Intermediate beliefs yang muncul, berupa: Skripsi dimaknakan sebagai tugas yang berat, menimbulkan ketidaknyaman, tugas yang melelahkan, menimbulkan rasa sedih, marah dan kecewa. Asumsi dan aturan irasional yang muncul diantaranya: harus pandai untuk menyelesaikan skripsi, terlalu bodoh untuk mengerjakan skripsi, saya harus pintar bahasa Inggris untuk menyelesaikan skripsi, dan saya harus pandai menulis agar skripsi selesai. Pikiran otomatis yang terungkap berkaitan dengan pengerjaanskripsi: Saya takut salah, saya malas mengerjakan skripsi, skripsi terlalu sulit buat saya, saya tidak akan pernah bisa mengikuti keinginan pembimbing, dan saya tidak peduli dengan skripsi.

Kata Kunci


prokrastinasi akademik, Cognitive Behavioral Therapy 1. Latar

Referensi


Beck, Judith S. 1995. Cognitive Therapy, Basics and Beyond. New York : The Guilford Press.

Burka, J.B., & Yuen, L.M. 1983. Procrastination: Why you do it, what to do about it, Reading, MA: Addison-Wesley.

Basco, Monica R. 2010. The Procrastinator’s Guide to Getting Things Done. New York : The Guilford Press.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & Mc Cown, W. G. 1995. Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press.

Ghufron, M. Nur. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Haycock, A. Laurel, Patricia McCarthy, Carol L. Skay. 1998. Procrastinationin College Students: The Role of Self-Efficacy and Anxiety. Journal of Counseling & Development, Summer 1998. Volume 76.

Ilma, L.N., Yanuvianti, M., & Damayanti, T. 2010. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Knaus, W. 2010. End Procrastination Now!. Get it Done with a Proven Psychological Approach. New York : McGraw-Hill.

Knaus, W. 2010.The Procrastination Workbook. Your Personalized Program for Breaking Free from the Patterns That Hold You Back. New Harbinger Publ.Inc.

Perina, K. How do Students cope with their Procrastination. They Lie. Psychology Today; Nov/Dec 2002; 35, 6.

Solomon, L.J.& Rothblum, E.D. 1984. Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31, 504-


Teks Lengkap: Artikel (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Bekerja dibawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 License.

free counters Bookmark and Share ISSN 2089-3590 EISSN 2303-2472